Update Info

Ebook Rujukan Untuk Profil Sanitasi Madrasah Tahun 2020

Profil Sanitasi Madrasah Tahun 2020 ini disusun oleh bersama-sama antara Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Islam dan Direktorat Kurikulum, Sarana dan Prasarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Kementerian Agama dengan dukungan teknis dari UNICEF Indonesia, GIZ Fit for School dan SNV Indonesia. Publikasi ini disusun sebagai rujukan data awal Sanitasi Madrasah dalam Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB).

Beberapa indikator utama tujuan 4.a terkait dengan ketersediaan sarana sanitasi di madrasah, yaitu akses dasar pada sumber air, akses dasar pada sanitasi, serta akses dasar pada sarana cuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Ebook Rujukan Untuk Profil Sanitasi Madrasah Tahun 2020

Sesuai yang diamanatkan dalam TPB, Pemerintah Indonesia diharapkan dapat memenuhi semua indikator itu pada semua sekolah dan madrasah di Indonesia pada Tahun 2030. Dengan terbitnya publikasi ini, maka diharapkan dapat dijadikan rujukan bagi para pemangku kepentingan terkait untuk dapat mengalokasikan sumber daya dalam rangka mempercepat tercapainya kondisi Sanitasi Madrasah yang layak pada Tahun 2030.

Kementerian Agama mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan dan dukungannya, termasuk UNICEF Indonesia, GIZ Fit for School dan SNV Indonesia yang telah memberikan dukungan teknis, sehingga Profil Sanitasi Madrasah ini dapat diterbitkan.

Pengantar Profil Sanitasi Madrasah

Profil Sanitasi Madrasah Tahun 2020 ini merupakan milestone atau tonggak sejarah penting baik dalam pengembangan Madrasah pada khususnya maupun pengembangan dunia Pendidikan islam pada umumnya. Pemerintah Indonesia, melalui publikasi Profil Sanitasi Madrasah ini untuk pertama kalinya dapat memperlihatkan status perkembangan kondisi Air, Sanitasi dan Kebersihan di seluruh madrasah di Indonesia.

Data terkait Sanitasi Madrasah ini penting bukan saja karena Sanitasi Madrasah merupakan salah satu indikator dalam Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB), tetapi juga karena ketersediaan Sanitasi Madrasah, khususnya Sarana Cuci Tangan Pakai Sabun dan Air Mengalir, terbukti menjadi komponen yang vital untuk menghindari berbagai penyakit, termasuk Covid-19 yang telah menjadi pandemi saat ini.

Profil Sanitasi Madrasah diharapkan dapat menjadi acuan pengembangan dan pembangunan Sanitasi Madrasah dalam kerangka Usaha Kesehatan Sekolah/ Madrasah atau UKS/M. Hal ini karena sangat eratnya hubungan antara Sanitasi Madrasah dengan dua pilar dari UKS/M, yaitu Pendidikan Kesehatan Pembinaan Lingkungan Sehat.

Selain itu, indikator-indikator dalam profil ini juga menjadi acuan dalam strata UKS/M. Dengan begitu, data-data dalam publikasi ini juga diharapkan dapat selalu dimonitor pencapaiannya setiap tahun, sehingga dapat digunakan sebagai bahan advokasi kepada penentu kebijakan.

Direktorat Kurikulum, Sarana dan Prasarana, Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah (KSKK) Madrasah, Kementerian Agama mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan dan dukungannya, terutama kepada UNICEF Indonesia, GIZ Fit for School dan SNV Indonesia yang telah memberikan berbagai dukungan teknis kepada Direktorat KSKK Madrasah sejak Tahun 2018 yang lalu.

Bagi Bapak / Ibu Guru yang membutuhkan salinan panduan ebook sebagai rujukan untuk Profil Sanitasi Madrasah ini dapat mengunduhnya melalui link download yang telah Sisi Madani sediakan di bawah ini.

EBOOK RUJUKAN PROFIL SANITASI MADRASAH TAHUN 2020.pdf

Demikian yang dapat Sisi Madani sampaikan terkait Ebook Rujukan Untuk Profil Sanitasi Madrasah Tahun 2020 ini, semoga bermanfaat khususnya bagi Bapak / Ibu Guru yang membutuhkannya. Terimakasih.

Shisi Indaryanti

Hijab bukan untuk wanita yang pandai agama saja. Tapi hijab wajib bagi seluruh wanita yang mengaku dirinya muslimah. Karena dengan berhijab yang benar, maka dapat menuntun penggunanya untuk senantiasa berperilaku sesuai syariat Islam.

Posting Komentar

Komentar yang Anda masukkan dimoderasi. Berikan komentar yang sesuai dengan topik.
Jika sesuai dengan ketentuan, komentar Anda akan segera ditampilkan.
Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, spam atau sejenisnya akan dihapus.

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak