Update Info

Cara Mudah Download Absen Siswa Melalui Aplikasi Dapodik Terbaru

Cara Mudah Download Absen Siswa Melalui Aplikasi Dapodik Terbaru. Bagi Bapak / Ibu Guru ingin mendapatkan Absen kelas untuk melengkapi administrasi sekolah dengan mudah. maka Anda dapat mengambil soft filenya pada salah satu fitur yang telah tersedia pada Aplikasi Dapodik.

Biasanya absen siswa dibuat oleh sekolah secara manual dan mandiri dengan melakukan pengetikan nama-nama siswa dalam daftar pada progra Microsoft Office. Namun untuk melakukannya, hal tersebut tentulah sangat memakan banyak waktu apalagi jika jumlah peserta didik dan rombel yang terdapat di sekolah Bapak / Ibu Guru sangat banyak, mungkin bisa jadi kepala akan terasa pening dibuatnya.

Jika ada yang mudah, mengapa harus mempersulit diri untuk membuatnya secara manual?

Cara Mudah Download Absen Siswa Melalui Aplikasi Dapodik Terbaru

Bagi Anda yang bertugas sebagai Operator Sekolah, tentunya Anda akan bisa menerapkan panduan tentang Cara Mudah Download Absen Siswa Melalui Aplikasi Dapodik Terbaru ini. Karena dalam artikel ini Sisi Madani akan memberikan panduan mudah untuk membuat daftar hadir siswa atau absensi peserta didik dengan mudah di sekolah.

Cara Bikin Absen Siswa Melalui Aplikasi Dapodik

Biasanya yang bertugas untuk membuat dan menyiapkan daftar hadir siswa di sekolah adalah bagian staf Tata Usaha (TU). Namun tidak ada salahnya jika Anda selaku Operator Sekolah yang menangani data dapodik, dalam hal ini dapat berkontribusi untuk membantu dan memberikan informasi bahwa dalam Aplikasi Dapodik tersedia fitur untuk membuat Absen Siswa yang dapat digunakan sebagaimana fungsinya sehari-hari.

Lalu bagaimana cara membuat absensi siswa melalui aplikasi Dapodik tersebut?

Perlu diketahui bahwa hasil download berkas absen siswa ini berupa file dengan format Excel. Sehingga file absen siswa tersebut dapat dengan mudah untuk disesuaikan dengan kebutuhan di sekolah masing-masing, bahkan Bapak / Ibu guru juga dapat melakukan pengeditan layaknya file yang bisa diedit menggunakan Microsoft Excel.

Data yang muncul pada absen siswa ini juga cukup lengkap, yaitu meliputi Nama Lengkap Siswa, Nomor Induk Sekolah, dan Nomor Induk Siswa Nasional. Pada intinya semua yang dibutuhkan dalam absen siswa standar sudah terdapat dalam absen siswa yang berasal dari data Dapodik.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk mendownload absen siswa melalui Aplikasi Dapodik.

1. Buka Aplikasi Dapodik Sekolah, kemudian lakukan login terlebih dahulu.
2. Setelah berhasil masuk ke menu Dapodik utama, silahkan pilih opsi 'Pusat Unduhan'.

Cara Mudah Download Absen Siswa Melalui Aplikasi Dapodik Terbaru

3. Kemudian pilih menu 'Manajemen'.
4. Nah setelah itu pilih pada bagian file Excel dengan nama 'Absensi Peserta didik' sebagaimana yang terlihat pada gambar di bawah. Klik Unduh untuk mendownloadnya.

Cara Mudah Download Absen Siswa Melalui Aplikasi Dapodik Terbaru

5. Simpan file absen siswa di folder penyimpanan yang Anda inginkan.
6. Dan akhirnya selesai. Sekarang Anda memiliki absen siswa secara lengkap dan utuh sesuai dengan rombel kelas masing-masing.

Berikut ini adalah contoh tampilan data hasil download absen peserta didik dari Aplikasi Dapodik.

Cara Mudah Download Absen Siswa Melalui Aplikasi Dapodik Terbaru

Selanjutnya Anda dapat mencetak file absen siswa tersebut untuk digunakan pada setiap kelas masing-masing di sekolah Anda bertugas.

Demikian yang dapat Sisi Madani sampaikan terkait pembahasan cara mudah membuat absen siswa semua kelas dengan Aplikasi Dapodik yang dimiliki oleh setiap operatos sekolah. Semoga panduan membuat absen peserta didik melalui Aplikasi Dapodik ini dapat bermanfaat bagi Bapak / Ibu Guru yang sedang membutuhkannya, terimakasih.

Shisi Indaryanti

Hijab bukan untuk wanita yang pandai agama saja. Tapi hijab wajib bagi seluruh wanita yang mengaku dirinya muslimah. Karena dengan berhijab yang benar, maka dapat menuntun penggunanya untuk senantiasa berperilaku sesuai syariat Islam.

Posting Komentar

Komentar yang Anda masukkan dimoderasi. Berikan komentar yang sesuai dengan topik.
Jika sesuai dengan ketentuan, komentar Anda akan segera ditampilkan.
Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, spam atau sejenisnya akan dihapus.

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak