Update Info

Aplikasi Cetak Kartu NUPTK Cepat Dan Super Sederhana

Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) adalah kode referensi yang berupa nomor unik bagi para pendidik (guru) dan tenaga kependidikan sebagai identitas resmi dalam melaksanakan tugas di satuan pendidikan formal di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan kebudayaan serta Kementerian Agama.

Untuk dapat memperoleh NUPTK ini, seorang pendidik dan tenaga kependidikan harus memenuhi persyaratan dan prosedur yang berlaku sebagaimana telah ditetapkan oleh pihak Kemendikbud.

Aplikasi Cetak Kartu NUPTK Cepat Dan Super Sederhana

Sebagai seorang guru, idealnya harus memiliki NUPTK sebagai identitas dan pengakuan legalitas resmi yang diberikan pemerintah kepada seorang guru atau tenaga administrasi di sekolah.

NUPTK memberikan banyak manfaat kepada pemiliknya. Biasanya NUPTK digunakan sebagai persyaratan utama bagi seorang guru yang ingin mengikuti program-program yang diselenggarakan oleh pemerintah, misalnya UKG, PPG, Beasiswa, dll. NUPTK juga dapat digunakan sebagai salah satu syarat wajib untuk memperoleh berbagai macam tunjangan dari pemerintah, seperti sertifikasi, fungsional, terpencil, inpassing, insentif dan yang lainnya.

Pada postingan kali ini Sisi Madani akan membagikan sebuah draft khusus yang bisa disebut sebagai Aplikasi Sederhana untuk Cetak Kartu NUPTK yang memiliki format docx microsoft word dan sangat mudah digunakan serta telah dilengkapi dengan mudahnya memasang foto. File sederhana Aplikasi Cetak Kartu NUPTK ini dapat Bapak / Ibu download secara gratis melalui link unduhan yang telah disediakan di bawah.

Cara Penggunaan Aplikasi Cetak Kartu NUPTK

1. Download Aplikasi Cetak Kartu NUPTK yang telah tersedia di bawah.

2. Buka Aplikasi tersebut dapat dibuka dengan Microsoft Word versi 2010 ke atas.

3. Kemudian isi biodata pada masing-masing bagian (NUPTK, NIK, Nama PTK yang bersangkutan, Tanggal lahir, Tempat lahir serta Jenis kelamin).

Aplikasi Cetak Kartu NUPTK Cepat Dan Super Sederhana

4. Setelah itu, pasang foto masing-masing guru atau tenaga administrasi sekolah dengan cara mengganti gambar pada bagian foto dengan foto PTK yang bersangkutan. Cara melakukannya adalah sebagai berikut;

Klik pada gambar atau bagian kotak foto yang telah tersedia pada file draft NUPTK ini, kemudian klik kanan dan pilih opsi "Change Picture" lalu klik From File (jika menggunakan Office 2013 ke atas). Untuk selengkapnya Bapak / Ibu dapat melihat contoh pada gambar berikut di bawah ini.

Aplikasi Cetak Kartu NUPTK Cepat Dan Super Sederhana

5. Langkah terakhir adalah mencetak kartu NUPTK tersebut. Sebaiknya, sebelum melakukan pencetakan kartu NUPTK siapkan terlebih dahulu kertas HVS berukuran F4 Folio atau dapat juga memakai kertas buffalo agar lebih tebal. Sedangkan untuk settingan printer saya sarankan untuk menggunakan cetak kualitas tinggi agar hasilnya maksimal.

Download Aplikasi Cetak Kartu NUPTK

Karena pada laman resmi Kemendikbud yang mengurusi bagian kepegawaian dan identitas NUPTK tidak terdapat fitur untuk mencetak kartu NUPTK, maka dibuatlah aplikasi sederhana untuk memudahkan mencetak kartu NUPTK ini.

Bagi Bapak / Ibu Guru yang berminat untuk memiliki draft dokumen Microsoft Word yang disebut sebagai aplikasi cetak kartu NUPTK sederhana ini dapat mengunduhnya melalui link download yang telah disediakan di bawah.

Silahkan ubah dan sesuaikan sebagaimana yang telah dijelaskan pada pembahasan Cara Penggunaan Aplikasi Cetak NUPTK di atas.

DOWNLOAD APLIKASI CETAK KARTU NUPTK SEDERHANA

Demikian yang dapat Sisi Madani sampaikan terkait Aplikasi Cetak Kartu NUPTK yang sederhana beserta cara menggunakannya dengan mudah ini, semoga bisa bermanfaat bagi Bapak / Ibu Guru atau operator sekolah yang membutuhkan sebagai alat mencetak kartu NUPTK. Terimakasih.

Shisi Indaryanti

Hijab bukan untuk wanita yang pandai agama saja. Tapi hijab wajib bagi seluruh wanita yang mengaku dirinya muslimah. Karena dengan berhijab yang benar, maka dapat menuntun penggunanya untuk senantiasa berperilaku sesuai syariat Islam.

Posting Komentar

Komentar yang Anda masukkan dimoderasi. Berikan komentar yang sesuai dengan topik.
Jika sesuai dengan ketentuan, komentar Anda akan segera ditampilkan.
Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, spam atau sejenisnya akan dihapus.

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak